Jumat, 15 Februari 2013

Bahan SemiKonduktor

Bahan Semi Konduktor
    
       Semikonduktor adalah material yang mempunyai konduktivitas listrik di antara konduktor dan isolator. Semikonduktor sangat bermanfaat di bidang elektronika karena nilai konduktivitas listriknya dapat diubah-ubah sesuai kebutuhan. Semikonduktor dibuat dari unsur - unsur yang bersifat metalloid atau semi-logam seperti silikon dan germanium.

      Silikon dan Germanium adalah bahan semikonduktor yang paling banyak digunakan dalam pembuatan komponen elektronika. Silikon lebih banyak digunakan daripada Germanium karena sifatnya yang lebih stabil pada suhu tinggi.



a. Silikon
    Silikon (Latin; silicium) merupakan unsur kimia yang mempunyai simbol Si dan nomor atom 14. Silikon adalah polimer non organik yang bervariasi  dari cairan, gel, karet, hingga sejenis plastik keras. beberapa karakteristik khusus silikon; tak berbau , tak berwarna, dap air, serta tak rusak akibat bahan kimia dan proses oksidasi, tahan dalam suhu tinggi, serta tidak dapat menghantarkan listrik.

b. Germanium 
    Germanium adalah unsur kimia dengan simbol Ge dan nomor atom 32. Ciri-cirinya berkilau, rapuh, putih keabu-abuan (metalloid) dan termasuk dalam kelompok karbon, secara kimia mirip dengan timah dan silikon. Germanium memiliki lima isotop alami atom berkisar dalam nomor massa 70-76. Membentuk sejumlah besar organologam senyawa, termasuk tetraethylgermane dan isobutylgermane.
    Germanium adalah bahan penting semikonduktor yang digunakan dalam transistor dan berbagai perangkat elektronik lainnya. Digunakan , tidak hanya sebagai serat optik dan sistem optik inframerah, tetapi juga digunakan untuk polimerisasi katalis, dan dalam eletronik dan aplikasi sel surya. Ini adalah cikal bakal baru penggunaan di kawat nano.

Terima Kasih

0 komentar:

Posting Komentar